Sabtu, 27 April 2013

Tulisan 3


Tulisan 3
Koping (coping) Stres.
Pengertian dan Jenis Coping.
Cara berfikir dan bereaksi yang ditujukan untuk mengatasi beban atau transaksi yang menyakitkan (stressor)
Menurut Lazarus (1996) coping stress adalah upaya kognitif dan tingkah laku untuk mengelola tuntutan internal dan eksternal yang khusus dan konflik diantaranya yang dinilai individu sebagai beban dan melampaui batas kemampuan individu tersebut. Individu akan memberikan reaksi yang berbeda untuk mengatasi stres.
Proses coping terhadap stres memiliki 2 fungsi utama yang terlihat dari bagaimana gaya menghadapi stres, yaitu :
1.     Emotional-Focused Coping
Coping ini bertujuan untuk melakukan kontrol terhadap respon emosional terhadap situasi penyebab stres, baik dalam pendekatan secara behavioral maupun kognitif. Lazarus dan Folkman (1986) mengemukakan bahwa individu cenderung menggunakan Emotional-Focused Coping ketika individu memiliki persepsi bahwa stresor yang ada tidak dapat diubah atau diatasi.
2.    Problem-Focused Coping,
Coping ini bertujuan untuk mengurangi dampak dari situasi stres atau memperbesar sumber daya dan usaha untuk menghadapi stres. Lazarus dan Folkman (1986) mengemukakan bahwa individu cenderung menggunakan Problem Focused Coping ketika individu memiliki persepsi bahwa stressor yang ada dapat diubah

Jenis Coping yang Konstruktif dan Positif.
§  Coping positif merupakan strategi yang dirancang untuk mengubah cara pandang individu terhadap sumber stres. Secara psikologi member makna, memperjelas tujuan hidup, dan memberikan perasaan bahagia karena hidup ini lebih berarti. Dapat menemukan identitas diri, menemukan kelemahan dan kelebihan diri dalam mencapai hal yang diinginkan.
§  Coping konstruktif merupakan strategi yang dilakukan individu untuk menjauhkan diri dari sumber stres dengan cara melakukan suatu aktivitas atau menarik diri dari suatu kegiatan atau situasi yang berpotensi menimbulkan stres. Daoat juga memberikan hasil yang tidak baik seperti depresi, kehilangan kepercayaan diri, dan agresif.

Daftar Pustaka.
sarwono Wirawan Sarlito.2005.Psikologi Sosial. Jakarta : Balai Pustaka.
Basuki Heru.2008.Psikologi Umum.Jakarta : Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar