Sabtu, 24 November 2012

Penggunaan Internet dalam Ilmu Psikologi




Penggunaan Internet dalam Ilmu Psikologi.
Sebelum menjelaskan penggunaan internet dalam ilmu psikologi kita harus terlebih dahulu mengenal pengertian apa itu internet ?, dan apa itu pengertian psikologi ?
Internet adalah Singkatan dari Interconnection Networking. The network of the networks. Diartikan sebagai a global network of computer networks atau sebuah jaringan komputer dalam skala global atau dunia. Jaringan komputer ini berskala internasional yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi. Network ini membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Sedangkan psikologi adalah ilmu tentang jiwa,perilaku atau pengetahuan yang menyelidiki dan membahas tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia, baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.
Saat ini semua orang sudah tidak asing lagi dengan kata Internet.  Kemajuan teknologi Internet hampir menyebar ke semua aspek kehidupan. Internet dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi. Informasi juga bisa mempercepat penyelesaian masalah (probem-solving). Internet juga memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan ilmu psikologi. Kemampuan menganalisa hubungan perilaku manusia yang tak lepas dari teknologi, khususnya teknologi informasi sehingga memungkinkan pendekatan interdisipliner dengan ilmu lain khususnya teknologi informasi (antara lain bidang human computer interaction dan computer based learning). Pesatnya perkembangan komputer dan teknologi informasi selama dekade terakhir telah berdampak pada psikologi, yang telah bergerak dalam konteks ini dari aplikasi komputer lokal kepada aplikasi jaringan yang memanfaatkan Internet. Secara khusus, 10 jenis aplikasi Intemet psikologis antara lain: information resources on psychological concepts and issues, self-help guides, psychological testing and assessment, help in deciding to go into therapy, information about specific psychological services, single-session psychological advice through e-mail or e-bulletin boards, ongoing personal counseling and therapy through e-mail, real-time counseling through chat, web telephony, and videoconferencing, synchronous and asynchronous support groups, discussion groups, and group counseling, psychological and social research.
Ada juga sebuah link psikologi  http://www.e-psikologi.com/epsi/default.asp yang bisa memberikan kita kemudahan untuk bersosialisasi seperti konseling dan bertukar pikiran. Web ini sama dengan web lainnya dimana sebelum kita menggunakan kita harus menjadi member agar bisa masuk dan bisa lebih tahu apa yang ada di dalam web tersebut. Di web ini kita diberikan pilihan-pilihan kategori yang dapat kita pilih untuk kita pelajari sesuai dengan minat kita. Diantaranya ada kategori anak, pragnasi, lingkungan hidup, olahraga dan lain-lain. Semua bacaan-bacaan tersebut bermanfaat sekali untuk di pelajari karena bisa menambah wawasan kita. Di dalamnya juga terdapat test quest psikologi yang dapat menilai kepribadian kita.

Kesimpulan.
Penggunaan Internet dalam ilmu psikologi sangat berkaitan erat. Keduanya berjalan beriringan dan menjadikan keduanya sebagai suatu hal yang sulit dipisahkan. Pengaruh perkembangan Internet sedikit banyak mengubah pola perilaku manusia yang dapat kita lihat dan teliti dari segi ilmu psikologi. Dengan adanya internet kita dapat mengakses berbagai web-web atau situs psikologi. Sehingga hal itu dapat menambah wawasan kita agar menjadi lebih luas. Dan pastinya kita juga harus bisa menggunakan web-web atau situs Internet dengan baik.

Daftar Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar