Netiquette
(etika dalam menggunakan Internet).
Etika di Internet di kenal dengan istilah Netiquette
(Network Etiquette), yaitu semacam aturan, tatakrama, dan etika dalam
menggunakan Intenet. Etika, lebih erat kaitannya dengan kepribadian
masing-masing. Jadi tak semua pengguna Internet menaati aturan tersebut. Namun
ada baiknya kita mengetahui dan menerapkannya. Internet sebagai sebuah kumpulan
komunitas yang sangat luas, maka diperlukan aturan yang akan menjadi acuan
orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan
cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya nettiquette
adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika
kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Teknologi komunikasi memberikan kita banyak pilihan untuk menggunakan Internet.
Dalam menggunakan aplikasi yang ada dalam Internet kita juga perlu mematuhi
etika selama menggunakan Internet.
Etika rangkaian Netiquette
Gunakan bahasa yang sopan karena jika kita membuat tulisan
berkemungkinan akan dibaca oleh beribu-ribu orang yang menggunakan Internet. Gunakan
tajuk yang sesuai. Jangan MENJERIT!!! Elakkan menggunakan huruf besar, karena
penggunaan huruf besar dianggap sebagai menjerit (marah). Gunakan singkatan seperti
FYI (For Your Information-untuk makluman kita) atau emotikon (perwakilan
perasaan) seperti :) (menandakan gembira) untuk menyampaikan maksud dengan cepat dan
menjimatkan masa. Baca FAQ (Frequently Asked Questions-persoalan yang sering
ditanya) dan jawabannya. Ini mengelakkan pengguna baru dan yang lain dari pada
bertanya persoalan yang sama berulang kali. Hantarkan artikel kepada mereka
yang dituju. Elakkan dari pada menghantarkan kepada mereka yang tidak
sepatutnya menerima, ini akan mengakibatkan gangguan kepada pengguna lain.
Beberapa etika yang umum dalam
komunikasi di Internet.
Hindari penggunaan huruf kapital. Jika memberi judul pada
tulisan harus dengan jelas. Membaca dahulu baru bertanya. Jangan mengirim file
yang terlalu besar. Menggunakan kutipan. Sebaiknya tidak hanya copy-paste. Kita
hanya bertegur sapa dalam tulisan, bukan fisikal. Bertindak sopan. Jangan
mengirimkan iklan terlalu banyak. Dan mengikuti adat atau tatacara yang baik
dan benar.
Etika dalam komunikasi melalui Email.
Kirimkan email secara singkat, padat, langsung, dan
pastinya jelas. Jangan mengirim attachment yang terlalu besar. Jangan
mem-forward sebuah CC atau BCC email. Jangan menggunakan “Caps Lock” atau huruf
kapital. Jangan menghapus rekam jejak email. Tidak boleh mem-forward dengan
mengubah isi emailnya. Jangan sering mem-BCC orang lain. Jika isi email
tersebut memang ditunjukan untuk banyak orang, semua alamat email dimasukan ke
kolom To. Jangan menggunakan bahasa
sms (tq, yg, mkn, dtg, adakalx, dan lain-lain.) Mempertimbangkan dengan baik
tulisan apa yang akan dimuat di Internet. Untuk pesan ke orang lain yang belum
kita kenal, pakailah bahasa yang sopan. Jika mengutip sesuatu, cantumkan
sumbernya.
Etika dalam komunikasi melalui Chatting.
Jangan
pernah memberikan informasi pribadi apapun, seperti nomor telepon, alamat rumah
dan lain-lain kepada orang yang belum kita kenal. Jangan pernah menggunakan
nama asli sebagai nickname kita. Jangan pernah berjanji untuk bertemu dengan
seseorang yang satu kota
dengan anda, kalau anda tidak benar-benar mengenal orang tersebut. Jangan
pernah mengetik percakapan menggunakan “Huruf Besar”, karena akan dianggap
sebagai teriakan. Jangan pernah kata-kata anda berisi informasi yang tidak
bermakna, seperti menekan Enter berulang kali. Jangan pernah menggunakan
kata-kata yang tidak senonoh (tidak sopan), karena hal ini membuat anda akan
ditendang oleh operator channel tersebut sehingga anda tidak bergabung lagi.
Jangan pernah melayani teman chatting yang menggunakan kata kasar atau tidak
sopan
Etika dalam komunikasi melalui Forum.
Menghargai privasi orang lain. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak baik yang dapat mengakibatkan
pertengkaran. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan, agar dapat menghargai satu
dengan yang lainnya. Tidak
menyindir orang lain melalui jaringan sosial. Tidak membuat tulisan atau status seenaknya di jejaring sosial. Dapat menyotir kata-kata yang baik
dan tidak baik.
Etika dalam komunikasi melalui Mailing List.
Hati-hati dalam melakukan balasan. Perlakukan email secara
pribadi. Jangan gunakan huruf kapital. Jangan membicarakan kejelekan orang
lain. Standar perilaku di dunia nyata berlaku pula di dunia maya, oleh karena
itu harus menjaga keetisan, melawan hukum adalah netiket yang buruk. Hargailah
waktu dan bandwith orang lain. Dan jangan membuat bingung pembaca.
Kesimpulan.
dilihat dari semakin pesatnya perkembangan teknologi dan di
dorong oleh kebutuhan manusia yang semakin meningkat dengan keterbatasan maka
terbentuk sebuah media untuk mempermudah masyarakat dalam menjalin komunikasi
yaitu Internet (dunia maya). Internet adalah suatu jejaring sosial yang sangat
luas. Dimana internet (dunia maya) banyak digunakan masyarakat untuk berbagai
kegiatan atau aktifitas seperti yang dilakukan didunia nyata. Oleh karena itu
banyak kesamaan antara dunia nyata dengan dunia maya maka perlu adanya etika
dalam berkehidupan didalam kedua dunia tersebut. Dan ada batasan-batasan
didalam Internet (dunia maya) agar seseorang tidak menggunakan secara
sembarangan.
Maka sangat diperlukan etika-etika dalam menggunakan
internet agar masyarakat dapat menggunakan sesuai dengan aturan yang ada. Etika
didalamnya mengatur sikap dan tatacara berkata-kata dan berbahasa dengan baik,
apalagi dizaman sekarang ini sudah banyak bahasa yang digunakan tidak baik,
tidak sesuai dengan bahasa indonesia yang baik dan benar. Karena itu sangat
penting etika dalam mengunakan Internet. Agar masyarakat dapat dengan nyaman
menikmati Internet (dunia maya) sesuai ketentuan dan Internet dapat juga
memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat.
Daftar Pustaka.
Darma,
dkk. (2009). Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta : MediaKita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar