Kamis, 01 November 2012

Netiquette



Netiquette (etika dalam menggunakan Internet).
Etika di Internet di kenal dengan istilah Netiquette (Network Etiquette), yaitu semacam aturan, tatakrama, dan etika dalam menggunakan Intenet. Etika, lebih erat kaitannya dengan kepribadian masing-masing. Jadi tak semua pengguna Internet menaati aturan tersebut. Namun ada baiknya kita mengetahui dan menerapkannya. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas yang sangat luas, maka diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya nettiquette adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka. Teknologi komunikasi memberikan kita banyak pilihan untuk menggunakan Internet. Dalam menggunakan aplikasi yang ada dalam Internet kita juga perlu mematuhi etika selama menggunakan Internet. 

Etika rangkaian Netiquette
Gunakan bahasa yang sopan karena jika kita membuat tulisan berkemungkinan akan dibaca oleh beribu-ribu orang yang menggunakan Internet. Gunakan tajuk yang sesuai. Jangan MENJERIT!!! Elakkan menggunakan huruf besar, karena penggunaan huruf besar dianggap sebagai menjerit (marah). Gunakan singkatan seperti FYI (For Your Information-untuk makluman kita) atau emotikon (perwakilan perasaan) seperti :) (menandakan gembira) untuk menyampaikan maksud dengan cepat dan menjimatkan masa. Baca FAQ (Frequently Asked Questions-persoalan yang sering ditanya) dan jawabannya. Ini mengelakkan pengguna baru dan yang lain dari pada bertanya persoalan yang sama berulang kali. Hantarkan artikel kepada mereka yang dituju. Elakkan dari pada menghantarkan kepada mereka yang tidak sepatutnya menerima, ini akan mengakibatkan gangguan kepada pengguna lain.

Beberapa etika yang umum dalam komunikasi di Internet.
Hindari penggunaan huruf kapital. Jika memberi judul pada tulisan harus dengan jelas. Membaca dahulu baru bertanya. Jangan mengirim file yang terlalu besar. Menggunakan kutipan. Sebaiknya tidak hanya copy-paste. Kita hanya bertegur sapa dalam tulisan, bukan fisikal. Bertindak sopan. Jangan mengirimkan iklan terlalu banyak. Dan mengikuti adat atau tatacara yang baik dan benar.

Etika dalam komunikasi melalui Email.
Kirimkan email secara singkat, padat, langsung, dan pastinya jelas. Jangan mengirim attachment yang terlalu besar. Jangan mem-forward sebuah CC atau BCC email. Jangan menggunakan “Caps Lock” atau huruf kapital. Jangan menghapus rekam jejak email. Tidak boleh mem-forward dengan mengubah isi emailnya. Jangan sering mem-BCC orang lain. Jika isi email tersebut memang ditunjukan untuk banyak orang, semua alamat email dimasukan ke kolom To. Jangan menggunakan bahasa sms (tq, yg, mkn, dtg, adakalx, dan lain-lain.) Mempertimbangkan dengan baik tulisan apa yang akan dimuat di Internet. Untuk pesan ke orang lain yang belum kita kenal, pakailah bahasa yang sopan. Jika mengutip sesuatu, cantumkan sumbernya. 

Etika dalam komunikasi melalui Chatting.
Jangan pernah memberikan informasi pribadi apapun, seperti nomor telepon, alamat rumah dan lain-lain kepada orang yang belum kita kenal. Jangan pernah menggunakan nama asli sebagai nickname kita. Jangan pernah berjanji untuk bertemu dengan seseorang yang satu kota dengan anda, kalau anda tidak benar-benar mengenal orang tersebut. Jangan pernah mengetik percakapan menggunakan “Huruf Besar”, karena akan dianggap sebagai teriakan. Jangan pernah kata-kata anda berisi informasi yang tidak bermakna, seperti menekan Enter berulang kali. Jangan pernah menggunakan kata-kata yang tidak senonoh (tidak sopan), karena hal ini membuat anda akan ditendang oleh operator channel tersebut sehingga anda tidak bergabung lagi. Jangan pernah melayani teman chatting yang menggunakan kata kasar atau tidak sopan

Etika dalam komunikasi melalui Forum.
Menghargai privasi orang lain. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak baik yang dapat mengakibatkan pertengkaran. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan, agar dapat menghargai satu dengan yang lainnya. Tidak menyindir orang lain melalui jaringan sosial. Tidak membuat tulisan atau status seenaknya di jejaring sosial. Dapat menyotir kata-kata yang baik dan tidak baik.

Etika dalam komunikasi melalui Mailing List.
Hati-hati dalam melakukan balasan. Perlakukan email secara pribadi. Jangan gunakan huruf kapital. Jangan membicarakan kejelekan orang lain. Standar perilaku di dunia nyata berlaku pula di dunia maya, oleh karena itu harus menjaga keetisan, melawan hukum adalah netiket yang buruk. Hargailah waktu dan bandwith orang lain. Dan jangan membuat bingung pembaca.

Kesimpulan.
dilihat dari semakin pesatnya perkembangan teknologi dan di dorong oleh kebutuhan manusia yang semakin meningkat dengan keterbatasan maka terbentuk sebuah media untuk mempermudah masyarakat dalam menjalin komunikasi yaitu Internet (dunia maya). Internet adalah suatu jejaring sosial yang sangat luas. Dimana internet (dunia maya) banyak digunakan masyarakat untuk berbagai kegiatan atau aktifitas seperti yang dilakukan didunia nyata. Oleh karena itu banyak kesamaan antara dunia nyata dengan dunia maya maka perlu adanya etika dalam berkehidupan didalam kedua dunia tersebut. Dan ada batasan-batasan didalam Internet (dunia maya) agar seseorang tidak menggunakan secara sembarangan.
Maka sangat diperlukan etika-etika dalam menggunakan internet agar masyarakat dapat menggunakan sesuai dengan aturan yang ada. Etika didalamnya mengatur sikap dan tatacara berkata-kata dan berbahasa dengan baik, apalagi dizaman sekarang ini sudah banyak bahasa yang digunakan tidak baik, tidak sesuai dengan bahasa indonesia yang baik dan benar. Karena itu sangat penting etika dalam mengunakan Internet. Agar masyarakat dapat dengan nyaman menikmati Internet (dunia maya) sesuai ketentuan dan Internet dapat juga memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat.

Daftar Pustaka.
Darma, dkk. (2009). Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta : MediaKita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar