Sabtu, 24 November 2012

Jejaring Sosial



Jejaring Sosial
Pengertian Jejaring Sosial.
                Pemanfaatan situs jejaring sosial atau social networking telah menjadi tren atau gaya hidup bagi sebagian masyarakat. jejaring sosial pada saat ini telah menguasai kehidupan para pengguna Internet. Seperti jejaring sosial facebook mungkin hampir seluruh orang mempunyainya, lewat facebook kita bisa berhubungan dengan keluarga atau teman yang berjauhan dengan kita. Jejaring sosial dapat mempermudah kita untuk lebih mengetahui informasi atau hal-hal yang belum kita ketahui.             
                Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu tipe relasi spesifik atau lebih, seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan sebagainya. Layanan yang dihadirkan oleh masing-masing website jejaring sosial  berbeda-beda. Hal inilah yang merupakan sebuah ciri khas dan juga keunggulan masing-masing website jejaring sosial. tetapi umumnya layanan yang ada pada jejaring sosial adalah chatting, email, berbagai pesan (messaging), berbagai video dan foto, forum diskusi, blog dan lain-lain.

Macam-macam Jejaring Sosial.
Macam-macam situs jejaring sosial yaitu :
·       MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.
·       Friendster
Friendster adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.

·       Hi5
Hi5 adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia (sebagian besar orang yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam browser mereka.
·       Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
·       Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin
·       Linked In
Linked In adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.
·       FUPEI
FUPEI adalah kependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis.
·       Bebo
Bebo adalah sebuah situs jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005. Ini banyak dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan database user yang berbeda. Ada planning untuk merilis versi bahsa Prancis, German dll. Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, Bebo diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".
·      Orkut
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009). Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
·       Tumblr
Tumblr, sekarang menjadi salah satu jejaring yang banyak diminati kalangan muda. Salah satu micro-blog atau jejaring sosial yang anda dapat coba. Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan sampai sekarang sudah memiliki user kurang lebih sebanyak 3 juta orang. Berdasarkan posting David Karp di Tumblr Staff blog pada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000 posting dibuat dan 15.000 pengguna baru setiap harinya.
·       Plurk
Plurk memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akan memberikan reward kepada plurker (sebutan bagi user plurk) yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap plurk yang di posting seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.

Dampak-dampak Jejaring Sosial.
                Jejaring sosial pastinya memiliki dampak positif dan dampak negatif . karena itu kita harus hati-hati menggunakannya jangan sapai kita menyalahgunakan jejaring sosial tersebut. Karena jika kita menyalahgunakan sangat berdampak tidak baik dan akan merugikan diri sendiri. Macam-macam dampak jejaring sosial.
· Dampak Positif :    Kita dapat memperluas pengetahuan, lebih mudah untuk mencari informasi, dan dapat juga bertukar informasi dengan orang lain, sebagai sarana berkomunikasi, sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial, memperluas jaringan pertemanan, sebagai media bisnis, sebagai sarana hiburan untuk mengisi waktu luang, dan sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dengan teman atau keluarga yang berjauhan. 
· Dampak Negatif  :  Terperangkap dalam kejahatan dunia maya, melemahkan dan menurunkan tingkat simpati dan empati, menyebabkan kecanduan sehingga menjadi lupa waktu, menurunkan prestasi belajar, membuang waktu dengan sia-sia jika menggunakannya secara berlebihan, pornografi, dan lain-lain.

Kesimpulan.
         Jejaring sosial adalah media yang sangat luas dan hampir semua orang dapat mempergunakannya untuk kepentingan  masing-masing. Saat ini media jejaring sosial sudah sangat diminati oleh masyarakat. apalagi sekarang sudah menjalar bukan hanya orang dewasa tetapi anak-anak dan juga sangat menikmati jejaring sosial tersebut. Oleh sebab itu para pengguna harus hati-hati agar tidak menyalahgunakan media jejaring sosial tersebut. Dan untuk kalangan anak-anak khususnya bagi orang tua lebih bisa mengontrol anak-anak mereka agar tidak manyalahgunakan media jejaring sosial dan tidak terlalu sering menggunakan media tersebut.
      Jejaring sosial juga merupakan suatu tantangan generasi muda karena membawa beberapa dampak negatif yang disebabkan oleh penyalahgunaan jejaring sosial. Pemanfaatan jejaring sosial ke arah yang negatif akan berdampak buruk bagi masyarakat. Maka, kita harus waspada agar tidak menjadi penyalahguna ataupun korban dari jejaring sosial. dan diperlukan cara yang tepat untuk menghindarinya.
           
Daftar Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar