Jejaring Sosial
Pengertian Jejaring Sosial.
Pemanfaatan
situs jejaring sosial atau social networking telah menjadi tren atau gaya hidup
bagi sebagian masyarakat. jejaring sosial pada saat ini telah menguasai
kehidupan para pengguna Internet. Seperti jejaring sosial facebook mungkin
hampir seluruh orang mempunyainya, lewat facebook kita bisa berhubungan dengan
keluarga atau teman yang berjauhan dengan kita. Jejaring sosial dapat
mempermudah kita untuk lebih mengetahui informasi atau hal-hal yang belum kita ketahui.
Jejaring
sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari
simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan
satu tipe relasi spesifik atau lebih, seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan,
dan sebagainya. Layanan yang dihadirkan oleh masing-masing website jejaring
sosial berbeda-beda. Hal inilah yang
merupakan sebuah ciri khas dan juga keunggulan masing-masing website jejaring
sosial. tetapi umumnya layanan yang ada pada jejaring sosial adalah chatting,
email, berbagai pesan (messaging), berbagai video dan foto, forum diskusi, blog
dan lain-lain.
Macam-macam Jejaring Sosial.
Macam-macam situs jejaring sosial yaitu :
·
MySpace
MySpace adalah situs jaringan
sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog,
grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.
·
Friendster
Friendster adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna
akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian
mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat
teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat
teman kita sendiri.
·
Hi5
Hi5
adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk
salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh
pengguna internet di seluruh dunia (sebagian besar orang yang mengunjungi Hi5
terinstall toolbar Alexa dalam browser mereka.
· Facebook
Facebook
adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan
Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang
tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah
geografis.
· Twitter
Twitter
adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan
fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa
tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan
instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin
· Linked In
Linked In
adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan
untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari
14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang
ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.
·
FUPEI
FUPEI
adalah kependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah
sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang
gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal
dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004,
FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di
Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto,
musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan
nama fupeis.
·
Bebo
Bebo
adalah sebuah situs jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari
2005. Ini banyak dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika
Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah
dirilis yang menggunakan database user yang berbeda. Ada planning untuk merilis
versi bahsa Prancis, German dll. Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi
Birch, Bebo diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".
·
Orkut
Situs
jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc.
Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil
akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk
dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak
begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna
Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09%
kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009). Orkut juga mendukung banyak bahasa
(multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user
sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
·
Tumblr
Tumblr, sekarang menjadi salah satu
jejaring yang banyak diminati kalangan muda. Salah satu micro-blog atau jejaring
sosial yang anda dapat coba. Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan
sampai sekarang sudah memiliki user kurang lebih sebanyak 3 juta orang.
Berdasarkan posting David Karp di Tumblr Staff blog pada 15 Maret 2010,
rata-rata 2.000.000 posting dibuat dan 15.000 pengguna baru setiap harinya.
· Plurk
Plurk
memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni
plurk akan memberikan reward kepada plurker (sebutan
bagi user plurk) yang dikenal dengan nama karma.
Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap
plurk yang di posting seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah
perekrutan anggota baru.
Dampak-dampak Jejaring Sosial.
Jejaring
sosial pastinya memiliki dampak positif dan dampak negatif . karena itu kita
harus hati-hati menggunakannya jangan sapai kita menyalahgunakan jejaring
sosial tersebut. Karena jika kita menyalahgunakan sangat berdampak tidak baik
dan akan merugikan diri sendiri. Macam-macam dampak jejaring sosial.
·
Dampak
Positif : Kita dapat memperluas pengetahuan, lebih mudah untuk mencari informasi, dan dapat juga bertukar
informasi dengan orang lain, sebagai sarana berkomunikasi, sebagai sarana untuk
mengembangkan keterampilan dan sosial, memperluas jaringan pertemanan, sebagai
media bisnis, sebagai sarana hiburan untuk mengisi waktu luang, dan sebagai
sarana untuk menjalin silaturahmi dengan teman atau keluarga yang berjauhan.
·
Dampak
Negatif : Terperangkap dalam kejahatan dunia maya,
melemahkan dan menurunkan tingkat simpati dan empati, menyebabkan kecanduan
sehingga menjadi lupa waktu, menurunkan prestasi belajar, membuang waktu dengan sia-sia jika menggunakannya secara berlebihan, pornografi, dan lain-lain.
Kesimpulan.
Jejaring
sosial adalah media yang sangat luas dan hampir semua orang dapat
mempergunakannya untuk kepentingan masing-masing.
Saat ini media jejaring sosial sudah sangat diminati oleh masyarakat. apalagi
sekarang sudah menjalar bukan hanya orang dewasa tetapi anak-anak dan juga sangat
menikmati jejaring sosial tersebut. Oleh sebab itu para pengguna harus
hati-hati agar tidak menyalahgunakan media jejaring sosial tersebut. Dan untuk kalangan
anak-anak khususnya bagi orang tua lebih bisa mengontrol anak-anak mereka agar
tidak manyalahgunakan media jejaring sosial dan tidak terlalu sering
menggunakan media tersebut.
Jejaring
sosial juga merupakan suatu tantangan generasi muda karena membawa beberapa
dampak negatif yang disebabkan oleh penyalahgunaan jejaring sosial. Pemanfaatan
jejaring sosial ke arah yang negatif akan berdampak buruk bagi masyarakat.
Maka, kita harus waspada agar tidak menjadi penyalahguna ataupun korban dari jejaring
sosial. dan diperlukan cara yang tepat untuk menghindarinya.
Daftar
Pustaka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar